Pemuda Muhammadiyah Sambas

Pemuda Muhammadiyah Sambas
--------------------------------------------------

Jumat, 22 Juli 2011

Selamatkan Amal Usaha Muhammadiyah

Muhammadiyah sebuah lembaga sosial masyarakat yang sangat dihormati dan teruji saat ini telah diakui konstribusinya untuk bangsa Indonesia. Setiap kader kader Muhammadiyah akan selalu berperan sebagai kader bangsa, kemudian kader masyarakat baru menjadi kader perserikatan, pertanyyanya kenapa?........Sangat diharapkan setiap kader Muhammadiyah mencorehkan prestasi disetiap Zamannya.
Sebuah prestasi yang tak diragukan bahwa saat ini amal usaha Muhammadiyah telah menjalan diseluruh negri merah putih ini, sebuah prestasi yang membanggakan, namun mari kita tinjau lebih jauh.....
Diawal pergerakan Muhammadiyah, muhammadiyah membentuk sekolah, klinik dan lembaga lembaga bermanfaat untuk masyarakat lainnya. Satu abad Muhammadiyah amal usaha tersebut bak jamur disetiap propinsi, daerah, kecamatan dan desa miniman ada satu amal usaha Muhammadiyah minimal sekolah.
Kini zaman sudah berubah.....masih seperti itukah amal usaha Muhammadiyah
banyak nya amal usaha Muhammadiyah memang tak diragukan dari hitungan kuantitas dan kualitas, namun bagaimana dengan lembaga kontrolnya. penting untuk dipikirkan bersama bahwa ada setiap cdelah untuk menggeser status amal usaha muhammadiyah.
" Hidupilah muhammadiyah jagan mencari hidup di muhammadiyah" sebuah pesan yang sangat dalam pernuh arti dan sarat peringatan bagi kader muhammadiyah.....banyangkan apabila sistem dan aturan diubah dengan perlahan lahan namun pasti pasti akan muncul stetmen baru " mari jarah Muhammadiyah". secara pribadi saya melihat telah terjadi perubahan dalam amal usaha Muhammadiyah salah diantaranya:
1. Semangat alma'un sudah tidak menjadi ruh di amal usaha muhammadiyah, bahkan cendrung matrialistik
2. Perubahan paradigma,amal usaha muhammadiyah merupakan aset strategis muhammadiyah dalam dua hal, yakni
a. sebagai bentuk usaha mencari simpatik masyarakat terhadap pergerakan muhammadiyah
b. sebagai aset strategis dalam dakwah muhammadiyah yang kini hanya menjadi dakwah bisnis oknum muhammadiytah
c.sebagai bentuk proses kaderisasi anggota muhammadiyah yang kini gersang
3. Muhammadiyah kini bukan lagi sebagai gerakkanku. tapi hanya sebagai simbolku. banyak sekali kader muhammadiyah berpikir dua,tiga,hingga ratusan kali untuk menyatakan bahwa Muhammadiyah adalah gerakkan ku
penting kiranya disetiap lini kepengurusan Muhammadiyah membentuk majlis baru walaupun kedepannya harus atau tidak berkoordinasi dengan Majlis wakaf, tetapi sangat penting membentuk majlis pertimbangan dan pengawasan amal usaha muhammadiyah yang kedepannya secara khusus mengontrol dan mengaudit apakah amal usaha tersebut berfungsi dan trasparan dalam proses pengelolaannya.
saya pikir akan ada penguasaan-penguasaan amal usaha muhammadiyah oleh oknum atau kelompok tertentu, dan akan ada celah celah korupsi diamal usaha muhammadiyah, trasparansi didalam tubuh muhammadiyah sangat penting agar masyarakat mengetahui bahwa muhammadiyah masih dijaga oleh kader kadernya yang jujur.
mari lindungi Muhammadiyah, karena Muhammadiyah adalah gerakanku..

Faisal Riza
Sekretaris Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Sambas
( Sebuah Percikan Pemikiran )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar